Senin, 08 Maret 2010

M-Banking

M-BANKING

Berikut ini adalah penjelasan mengenai M-Banking pada 3 Bank di Indonesia. Ketiga Bank tersebut yang akan dibahas adalah Bank BNI, Bank BCA, dan Bank Mandiri. Penjelasan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Bank BNI

BNI Mobile dari BNI Taplus mempermudah transaksi perbankan melalui ponsel

BNI Mobile adalah fasilitas layanan perbankan melalui handphone, dengan teknologi Java Application yang memudahkan Anda untuk melakukan transfer dana, bayar tagihan dan isi ulang pulsa, serta mengecek saldo dan mutasi seluruh rekening yang Anda miliki dalam 1 CIF (Customer Information File) berupa Tabungan, Giro, Deposito, dan Pinjaman. Layanan ini bisa diakses melalui ponsel Anda, apapun operatornya tanpa perlu ganti Sim Card (tahap pertama semua provider GSM).

Cara mudah menjadi User BNI Mobile:

  1. Lakukan registrasi melalui BNI ATM, dengan langkah sbb :
    1. Di menu utama BNI ATM pilih menu “Registrasi E-Channel”
    2. Pilih “BNI Mobile”
    3. Masukkan nomor ponsel Anda,dan buat PIN BNI Mobile Anda (6 angka)
    4. Registrasi dan aktivasi selesai. Anda akan menerima receipt ATM sebagai bukti Registrasi dan SMS Notifikasi Registrasi serta SMS WAP Push Link, untuk Anda mendownload aplikasi menu Java BNI Mobile.
  1. Pastikan ponsel Anda memiliki sistem Java MiDP v 2.0, memory tersedia min 140 kb, dan telah diset aktif GPRS, lalu lakukan download dan install aplikasi menu BNI Mobile, melalui SMS WAP Push Link tadi atau melalui Kantor Cabang BNI terdekat.
  1. Setelah mendownload dan install aplikasi BNI Mobile, Anda sudah bisa melakukan transaksi non finansial, seperti cek saldo, cek mutasi rekening.

4. Untuk bisa bertransaksi finansial, demi keamanan transaksi, Anda diharuskan melakukan Aktivasi Transaksi Finansial terlebih dahulu di Kantor Cabang BNI terdekat.

Jenis Transaksi di BNI Mobile:

  1. Transaksi Non Finansial
    1. Informasi saldo seluruh rekening yang Anda miliki dalam 1 CIF (Customer Information File) berupa Tabungan, Giro, Deposito, dan Pinjaman
    2. Informasi mutasi rekening (5 transaksi terakhir)
  1. Transaksi Finansial
    1. Transfer Dana antar Rekening BNI
    2. Pembayaran Tagihan

i. Telkom (Telepon,Flexi Classy, Speedy) se-Indonesia

ii. Kartu Halo, Xplor, Matrix,Starone

iii. Kartu Kredit (BNI, Citibank, Stanchard, HSBC, GE, ANZ, Niaga, ABN AMRO, Permata, Danamon,Bukopin)

    1. Pembayaran ZIS & Kurban
    2. Pembelian Voucher Prabayar (Flexi, Simpati, As, Mentari, IM3, StarOne, XLbebas reguler, extra & jempol,Fren,Esia,3)

Catatan : Jenis transaksi transfer, pembayaran dan pembelian akan terus bertambah untuk kemudahan Anda

Tarif Biaya

BNI Mobile menggunakan koneksi GPRS, sehingga biaya yang akan menjadi beban Nasabah adalah sesuai volume (kilobyte) dan dihitung sesuai tarif GPRS yang diberlakukan operator. Untuk setiap transaksi transfer dikenakan biaya Rp.1.000

Denominasi Pulsa Yang Tersedia Di BNI Mobile

No.

Jenis Kartu

Nominal Pulsa (dalam ribuan)

1

Simpati

50

100

150

200

300

500

1000

2

Kartu AS

50

100

3

Mentari

100

200

300

400

500

4

IM3

100

150

5

StarOne

100

150

6

XL jempol

35

50

100

7

XL bebas Reguler

25

50

75

100

150

200

300

8

XL bebas X-tra

50

100

9

Fren

50

100

150

200

300

500

10

Flexi Trendy

50

100

150

200

250

350

500

11

Esia

25

50

100

150

250

12

3

30

50

100

150

300

500

PANDUAN AKTIVASI DAN SETTING GPRS DI PONSEL

Operator Selular

Cara Aktivasi GPRS

Cara Setting GPRS di Ponsel

Telkomsel

Ketik pesan SMS :

Ketik pesan SMS :

Kartu Halo

GPRS, dan kirim ke 6616

Smerk ponseltype ponsel,

Simpati

Kartu AS

kirim ke 5432

Indosat

Ketik pesan SMS :

Ketik pesan SMS : GPRSmerk ponseltipe ponsel

Matrix

ACTGPRS,

Mentari

kirim ke :

IM-3

kirim ke 888

Matrix & Mentari à 3000

IM-3 à 3939

XL

Xplor

Ketik pesan SMS : GPRSmerk ponseltipe ponsel

XL Bebas

XL Jempol

kirim ke 9667

Sumber: http://www.bni.co.id/eBanking/BNIMobile/tabid/356/lang/en-US/Default.aspx

m-BCA

Dengan layanan ini Anda serasa memiliki ATM BCA dalam gengaman tangan Anda (kecuali untuk penarikan tunai). Berbagai transaksi perbankan dapat anda lakukan melalui ponsel anda, semudah anda bertransaksi di ATM BCA.

Operator yang sudah bekerjasama dalam layanan m-BCA ini adalah:

  • PT Excelcomindo Pratama,Tbk untuk pemegang kartu Xplor & bebas
  • PT Indosat,Tbk untuk pemegang Kartu Mentari, Matrix dan IM3
  • PT Telekomunikasi Selular untuk pemegang kartu HALO & simPATI

Keuntungan & Keuntungan & Kenyamanan Bertransaksi melalui m-BCA

Layanan m-BCA merupakan layanan perbankan yang mudah, praktis, aman dan user friendly. Maksud dari layanan yang mudah, praktis, aman dan user friendly adalah sebagai berikut :

  • Mudah
    Anda dapat betransaksi dengan menu yang ada, dan tidak perlu memiliki ketrampilan khusus untuk menggunakannya.
  • Praktis
    Anda dapat langsung bertransaksi perbankan melalui ponsel kapan dan dimana saja.
  • Aman
    m-BCA dilengkapi dengan sistem proteksi yang maksimal. Selain menggunakan PIN yang Anda pilih sendiri dan nomor ponsel yang Anda daftarkan, setiap transaksi yang Anda lakukan juga akan di-encrypt (diacak) untuk menjamin keamanan transaksi Anda.
  • User_Friendly
    Menu m-BCA dirancang sedemikian rupa sehingga mudah digunakan oleh siapa saja.Anda hanya perlu memilih jenis transaksi dari menu yang sudah tersedia, sehingga tidak perlu mengingat / menghafal kode transaksi yang ingin dilakukan.
  • Nyaman
    Melalui m-BCA, Anda seperti memiliki ATM BCA pribadi dalam genggaman tangan Anda, karena berbagai transaksi yang dapat dilakukan di ATM BCA dapat dilakukan melalui m-BCA (kecuali penarikan tunai).

Syarat Menggunakan m-BCA

  1. Pemegang kartu Paspor BCA (Kartu ATM BCA)
  2. Pelanggan GSM (XL, Indosat dan Telkomsel) yang memiliki SIM Card yang sudah m-BCA Ready.

Caranya adalah:

  1. Melakukan registrasi/ pendaftaran di ATM/Kantor Cabang BCA terdekat
  2. Melakukan aktivasi di ponsel (untuk transaksi m-Info, m-Payment & m-Admin)
  3. Melakukan aktivasi fin di cabang BCA terdekat (untuk transaksi m-Transfer & m-Commerce)

Transaksi yang dapat dilakukan melalui m-BCA adalah sbb:

No.

Kategori

Layanan

1

m-Info

Informasi Saldo

Mutasi Rekening,

Info Kurs,

Info suku bunga tabungan / deposito Rp / deposito valas,

Info kode bank (untuk mengetahui kode transfer antar bank),

Info kode perusahaan (yang digunakan pada m-Payment dan m-Commerce),

Info nomor kupon undian Gebyar Tahapan BCA,

Info rekening Deposito

Info NAB dan saldo Reksadana

Info saldo dan transaksi kartu kredit BCA*

2

m-Transfer

Transfer ke Rekening BCA,

Transfer ke Rekening bank lain

3

m-Payment

Pembayaran berbagai macam tagihan kartu kredit, PLN, PAM, handphone, telepon, asuransi, pendidikan,dll

4

m-Commerce

Pembelian pulsa isi ulang, kartu Blitz, saham,dll

5

m-Admin

Aktivasi, Ganti PIN

Limit Transfer Antar Rekening BCA perhari

Limit transfer antar rekening BCA yang dapat dilakukan melalui m-BCA merupakan satu kesatuan dengan limit transaksi transfer melalui ATM BCA sebesar maksimum:

  • Rp 15 juta per hari (Kartu ATM Silver)
  • Rp 25 juta per hari (Kartu ATM Gold/ Tapres/ BCA Dollar)
  • Rp 75 juta per hari (Kartu Platinum)

Contoh:

Limit transfer kartu ATM Silver Anda sebesar Rp 15 juta per hari. Jika Anda telah melakukan transfer di ATM sebesar Rp 5 juta, maka Anda masih dapat melakukan transfer melalui mobile banking pada hari yang sama maksimum sebesar Rp 10 juta.

Limit Transfer ke Rekening Bank Lain perhari

Limit ini merupakan limit gabungan dengan limit transfer antar bank via ATM, yaitu sebesar Rp. 10.000.000 per hari, dan tidak tergantung jenis kartu ATM yang digunakan).

Limit Pembelian Pulsa Isi Ulang perhari

Adalah sebesar Rp. 1.100.000 perhari, merupakan limit gabungan dengan e-channel lain seperti ATM, KlikBCA, SMS Top Up, dan BCA by Phone.

Limit Pembayaran perhari

Sesuai jumlah tagihan

Bukti Transaksi:

Untuk setiap transaksi yang anda lakukan, anda akan menerima bukti transaksi sebagai berikut:

Jenis Transaksi

Bukti Transaksi

Finansial (seperti : transfer, payment, commerce)

SMS yang akan tampil dilayar dan masuk ke inbox ponsel

Non finansial

Untuk info saldo, mutasi rekening, info kurs, info suku bunga tabungan / deposito Rupiah / deposito valas, ganti PIN, aktivasi

untuk info kode bank (transfer antar bank) dan info kode perusahaan (yang dapat digunakan pada m-Payment dan m-Commerce), info nomor kupon Gebyar Tahapan BCA

SMS hanya akan tampil dilayar ponsel saja

Informasi akan masuk ke Inbox ponsel

Catatan Penting:

  1. Pastikan Anda mengetahui tombol fungsi pada ponsel dengan mengacu pada buku petunjuk ponsel Anda.
  2. Sebelum Anda melakukan transaksi melalui ponsel, pastikan terlebih dahulu inbox message Anda tidak dalam kondisi penuh.
  3. PIN yang digunakan pada saat pertama kali mengakses layanan m-BCA adalah PIN yang Anda tentukan pada saat registrasi melalui ATM BCA. Jika Anda melakukan registrasi m-BCA di counter kantor cabang BCA, maka PIN m-BCA yang digunakan akan sama dengan PIN kartu ATM BCA.
  4. Layanan m-BCA akan terblokir secara otomatis apabila Anda salah memasukkan PIN m-BCA sebanyak 3 kali berturut-turut.
  5. Jangan memberitahukan PIN m-BCA kepada pihak lain.
  6. Jangan menyimpan PIN m-BCA dalam ponsel atau sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk diketahui orang lain.
  7. Jika Anda memiliki lebih dari 1 (satu) rekening yang terhubung dengan kartu ATM BCA yang Anda gunakan untuk registrasi layanan m-BCA, maka secara otomatis semua rekening itu akan terhubung dengan layanan m-BCA untuk setiap transaksi finansial yang Anda lakukan di m-BCA, Anda akan diminta untuk memilih nomor rekening yang akan digunakan.
  8. Satu kartu ATM BCA dapat terhubung dengan sepuluh nomor Ponsel baik dari operator yang sama maupun operator yang berbeda.
  9. Aktivasi yang dilakukan diponsel akan mengaktifkan layanan m-Info dan m-Payment serta m-Admin, sedangkan untuk mengaktifkan layanan m-Transfer dan m-Commerce nasabah harus datang ke cabang BCA terdekat untuk melakukan Aktivasi FIN, dengan mengisi formulir permohonan secara benar, jelas dan lengkap serta diserahkan ke CSO BCA. Pastikan nomor ponsel yang Anda daftarkan adalah nomor ponsel milik Anda sendiri.
  10. Untuk transaksi finansial (transfer / payment/ commerce), masukkan nominal transfer / payment / commerce dan nomor rekening / pelanggan / kartu kredit/telepon/ponsel tanpa spasi atau tanda baca lainnya (seperti tanda sambung, titik, dan lain-lain).
  11. Dalam setiap transaksi finansial, Anda akan menerima message konfirmasi yang berisi data-data transaksi. Pastikan kebenaran data-data transaksi tersebut sebelum Anda melanjutkan transaksi.
  12. Setiap kali melakukan transaksi melalui m-BCA, tunggulah beberapa saat hingga Anda menerima response balik atas transaksi tersebut. Dalam hal Anda tidak menerima response balik atas transaksi yang dilakukan, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah transaksi tersebut telah terjadi dengan cara memeriksa saldo / mutasi rekening Anda.
  13. Untuk setiap transaksi finansial, Anda akan menerima message transaksi Anda berhasil atau gagal. Khusus transaksi yang berhasil, message yang diterima secara otomatis akan tersimpan di dalam inbox (dengan catatan inbox message tidak penuh).
  14. Segera memberitahukan kepada BCA apabila SIM Card Anda hilang / dicuri / dipindahtangankan kepada pihak lain

Sumber : http://www.klikbca.com/Individual/silver/product.html?s=12


SMS Banking Mandiri

Bersama SMS Banking Mandiri nikmati kemudahan melakukan transfer uang, pembayaran tagihan rutin, pembelian serta transaksi lainnya cukup dengan ketik SMS ke 3355 atau menggunakan menu M-B_Mandiri pada satelindo@access dan Life in hand/layanan data XL atau T-Sel menu sim card naviGator Telkomsel.

Berbagai Keuntungan Yang Anda Dapatkan :

  1. Mudah dan Fleksibel: Ketik SMS atau Pilih Menu. Dengan mengetikkan kode transaksi yang dibutuhkan, jawaban akan diterima dalam bentuk SMS juga atau transaksi dapat dilakukan dengan STK Menu pada ponsel.
  2. Lebih Efisien. Biaya transaksi sebesar biaya SMS + Rp500. Untuk notifikasi SMS sebesar Rp500.
  3. Memakai semua jenis SIM Card. Apapun jenis SIM Card yang Anda miliki, transaksi perbankan dapat Anda lakukan.
  4. Bisa di semua ponsel. Bisa dilakukan di semua ponsel yang memiliki fasilitas SMS.
  5. Aman. Untuk Ketik SMS rekening tujuan transfer didaftarkan terlebih dulu dan transaksi Pilih Menu menggunakan (STK) SIM Tool Kit dengan 3DES enkripsi/pengacak data.

Jenis Transaksi :

  • Transfer uang
    • Transfer antar rekening Bank Mandiri
    • Transfer antar bank (NEW)
    • Transfer dengan Berita (NEW)
    • Transfer valuta asing
  • Buka Deposito (NEW)
    • Pembukaan deposito Rp dan USD dengan jangka waktu 1 atau 3 bulan. Melihat info deposito dan pencairan deposito.
  • Cek Saldo
    • Saldo rekening Tabungan, pinjaman dan rekening valuta asing
  • Informasi
    • Info tagihan Mandiri Visa
    • 5 transaksi terakhir rekening
    • Suku bunga deposito, suku bunga tabungan dan kurs valuta asing
  • Pembayaran dan Pembelian
    • Pembayaran tagihan Mandiri Visa, PLN, tiket Garuda, Telkom, kartuHALO, Matrix, Xplor, Telkom, Fren, Esia, Iklan Kompas, Dealer XL Kita, ung kuliah Amikom Yogya, Bina Sarana Informatika, AXA Mandiri, OTO MultiArtha, IndosatNET, CBN, Kabelvision, Indovision dan StarONE postpaid. Beli berbagai tiket via Travel Agent, PBB, PAM, Adam Air dan Riau Air (menyusul).
    • Pembelian voucher isi ulang simPATI, Mentari, IM3 Smart, XL bebas, Flexi Trendy, Fren, Esia dan StarONE prepaid.
  • Notifikasi SMS
    • Pendebitan/pengkreditan di atas nilai tertentu
    • Jatuh tempo rekening deposito
    • Saldo rekening di bawah nilai tertentu
    • Penolakan cek/bilyet giro
  • Perubahan PIN

Cara Memperoleh Layanan :

  1. Daftarkan nomor ponsel Anda di ATM Mandiri/cabang Bank mandiri
  2. Jika mendaftar di ATM Mandiri, masuk ke Menu Pendaftaran eBanking, pilih SMS Banking dan tekan Pendaftaran SMS Banking Mandiri lalu ikuti langkah selanjutnya.
  3. Setelah pendaftaran sukses, layanan SMS Banking Anda siap digunakan.
  4. Bagi nasabah yang telah mendaftar via ATM, harap datang ke cabang Bank Mandiri untuk mengaktifkan layanan finansialnya (transfer, pembayaran, pembelian)

Sumber: http://www.bankmandiri.co.id/article/823148017834.asp?article_id=823148017834


Berdasarkan analisa dari ketiga data Bank mengenai M-Banking, saya lebih memilih m-BCA karena cara untuk mendapatkan layanannya lebih mudah dibandingkan Bank BNI yaitu nasabah dapat menjadi user BNI mobile jika memenuhi syarat harus memiliki ponsel yang menyediakan Java MiDP v 2.0, memory tersedia min 140 kb. Sedangkan dibandingkan dengan layanan m-BCA dapat digunakan oleh semua ponsel. Hal ini sama seperti layanan M-Banking yang disediakan oleh Bank Mandiri. Selain itu hal yang membuat saya lebih memilih m-BCA karena transaksi yang dapat dilaksanakan dengan m-BCA lebih banyak dibandingkan layanan M-Banking dari kedua Bank lainnya.

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus